Selasa, 23 September 2014

Pembelajaran Melalui Kelas Maya(Edmodo)

Salah satu aplikasi pada internet yang bisa digunakan untuk media pembelajaran online adalah Edmodo. Edmodo merupakan social network berbasis lingkungan sekolah (school based environment). Dikembangkan oleh Nicolas Borg and Jeff O’Hara, Edmodo adalah platform pembelajaran yang aman bagi guru, siswa dan sekolah berbasis sosial media. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah bagi kelas untuk terhubung dan berkolaborasi antara siswa dan guru untuk berbagi konten pendidikan, mengelola proyek dan tugas dan menangani pemberitahuan setiap aktivitas
Penggunaan media pembelajaran online sebagai sistem pembelajaran yang baru, mendorong penyelenggaraan pembelajaran semakin efektif. Dengan media pembelajaran online dimungkinkan banyak pembelajaran yang diperoleh sehingga memberikan pelayanan kepada siswa lebih memuaskan. Idealnya pengajar dan pembelajar senantiasa mengakses berbagai informasi dengan cepat, bertanggung jawab dan sesuai harapan.

Memulai Edmodo dapat membukanya melalui situs www.edmodo.com

Tampilan awal :



A. Pendaftaran / Membuat Akun

1. jika sudah masuk ke situs www.edmodo.com, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah





4. Klik tulisan I'm Student jika sobat SISWA, dan I'm Teacher untuk GURU/ DOSEN.





5. Jika sudah, akan keluar tampilah seperti gambar dibawah ini





6. Kemudian lihat lagi gambar dibawah. Isi semua kolom, dan yang saya lingkari warna merah (besar), isi dengan kode group. Dan yang terakhir jangan lupa dicentang bagian bawah sendiri. 
·         Kode group diisi sesuai dengan kode yang diberikan oleh guru.
·         Username diisi dengan nama yang dipakai untuk login. Username yang digunakan adalah nama yang digunakan tanpa spasi, tetapi bisa menggunakan tanda garis bawah (_), minus (-), ataupun huruf.
·         Password diisi pasword yang ingin digunakan.
·         Email bersifat opsional, bisa diisi ataupun tidak.
·         First name diisi dengan nama depan sebenarnya.
·         Last name diisi dengan nama belakang.
·         Kemudian klik Sign up





6. Lalu klik Sign in.


7. Selesai, dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.





B. Pengaturan Profil / akun Edmodo

Dari halaman pengaturan akun, Anda dapat mengatur untuk mendapatkan pemberitahuan/notifikasi, mengatur keamanan, dan mengatur informasi profil. Untuk pergi ke pengaturan tersebut, silahkan pilih “Account” yang berupa menu drop down yang terdapat di pojok atas sebelah kanan halaman depan Edmodo Anda.

clip_image006

dan akan muncul tampilan seperti ini :
clip_image008

Dalam menu tersebut silahkan pilih “Setting”. Di halaman ini Anda dapat melakukan berbagai hal diantaranya adalah:
1. Mengubah foto profil _ Anda dapat memilih untuk mengunggah foto dari komputer pribadi atau menggunakan icon yang telah disediakan.
2. Mengubah informasi pribadi _ Anda dapat menambahkan ataumengubah nama beserta alamat email.
3. Anda dapat mengubah kata sandi (password)
4. Menentukan sekolah Anda _ Anda dapat memilih untuk terhubung dengan sebuah sekolah atau mengubahnya. Dalam hal ini jika Anda logged in melalui subdomain sebuah sekolah misalnya “sekolahanda.edmodo.com”, Anda akan membutuhkan kode sekolah untuk berganti ke sekolah yang berbeda lainnya.
5. Menentukan notifikasi _ pilih menu drop down notifikasi untuk menentukan mode notifikasi. Terdapat tiga pilihan yaitu tanpa notifikasi,
notifikasi melalui email atau SMS/teks. Jika Anda memilih notifikasi melalui email, artinya setiap pembaharuan aktivitas yang ada di akun Edmodo Anda akan diberitahukan melalui email. Jika Anda memilih notifikasi melalui teks, maka pemberitahuan akan dikirimkan melalui SMS ke HP Anda. Namun dalam hal ini baru penyedia layanan selular di wilayah Amerika saja yang baru bisa sedangkan di Indonesia belum. Untuk itu jika Anda memilih ingin adanya pemberitahuan, maka pilihlah
notifikasi melalui email.
6. Tipe notifikasi _ Anda dapat memilih tipe pemberitahuan yang akanditerima dengan cara member tanda centang di kotak terhadap satu atau
beberapa pilihan diantaranya:
o Alerts _ setiap ada tanda atau indikasi peringatan
o Notes _ setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan notes
o Direct message _ setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan pesan pribadi
o Replies_ setiap ada anggota kelas yang membalas notes dari anggota lainnya.
o New group members _ setiap ada anggota baru di kelas Anda o Group join request _ setiap ada permintaan untuk bergabung di
grup kelas/mata pelajaran/kelompok kerja yang ada di edmodo Anda.

7. Privacy _ Anda dapat memilih untuk mem-blok semua permintaan
koneksi/pertemanan atau membuat profile Anda dapat dilihat oleh jejaring pertemanan pribadi Anda dengan cara mencentang kotak yang ada di bagian bawah privacy.


C. Bergabung Dalam Grup / Kelas Lain 

Sebenarnya dalam pembuat di edmodo kita sudah bergabung dalam satu kelas di akun kita, karena dalam proses pembuatan akun kita sudah diberi kode grup oleh guru yang termasuk masuk di grup kelas. Tetapi jika ingin bergabung lagi dengan grup / kelas lain ini dia caranya :


klik gambar seperti diatas, lalu klik join. Akan muncul kode grup untuk bergabung dikelas yang akan anda bergabung.
isi kode grup sesuai kode yg diberikan guru / grup kelas tersebut.



D. Membaca Modul Pelajaran

Untuk dapat melihat modul bahan bacaan, power point, video ataupun materi lainnya. Klik group anda.


Setelah masuk, lalu klik folder

Setelah klik pilih materi yang ingin dibaca atau dipelajari


Anda bisa mendownload materi dan menyimpannya di komputer atau anda bisa langsung melihatnya di komputer tanpa menyimpannya

Untuk melihat tugas atau kuis yang diberikan, silahkan klik Filter post by. Lalu disana Anda bisa memilih assigement/Tugas dan quizez untuk kuis.

Bila anda sudah selesai mengerjakan tugas dan telah menyimpannya dalam bentuk documen dan siap untuk turn in, maka klik file dan upload. (harap diingat dimana nama file dan tempat anda menyimpan document nya)

Bila anda sudah memasukan tugas dalam bentuk file akan terlihat :

Bila anda memasukan tugas dalam bentuk link akan terlihat seperti ini :
Blia mengerjakan Quizes atau kuis. Harap diingat bahwa pengerjaan kuis ini ada tenggang waktunya. Jadi begitu sekali buka sudah dihitung waktunya. Oleh karena itu siapkan diri anda dengan baik sebelum membuka kuis. 


E. Mengikuti kuis di Edmodo








F. Polling Edmodo

Di edmodo selain ada fitur untuk membuat tugas juga ada fasilitas untuk membuat polling juga. Misalnya kita pingin tahu mata pelajaran apa yang paling disukai oleh siswa yang ada dikelas yang kita kelola bisa menggunakan polling ini. Untuk pemilihan ketua kelas juga bisa kayaknya. di samping Post ada beberapa fitur seperti Note, Alert, Assignment, Quis dan Poll. Pilih Poll.
Setelah memilih "Poll" maka kita tinggal menuliskan pertanyaan yang digunakan untuk polling di kolom yang sudah di sediakan. Kemudian dibawahnya kita tuliskan pilihan dari pertanyaan tersebut, untuk menambahkan kolom pilihan jawaban kita bisa memilih " Add Answer ". Kita juga bisa mengatur jadwal kapan polling itu diberikan dengan menggunakan option schedule yang ada dibawah kolom jawaban, tapi kalau kita pingin saat itu juga digunakan ya langsung kirim send saja.

Dan maka hasilnya akan seperti dibawah ini :


G. Kalender Edmodo
Pada kolom kalender Edmodo kita bisa berbagi / melihat event atau kegiatan yang ada dalam sekolah maupun universitas. Ini sangatlah mudah bagi kita untuk yang tidak sempat untuk meluangkan waktu membuat jadwal dan ditempelkan ke dinding wacana, kita bisa mengatur semua aktifitas atau jadwal yang anda inginkan dengan mudah disini.

  clip_image004[4]




4 komentar: