Selasa, 04 Agustus 2015

HIRARKI DATABASE

Hirarki data meliputi bit, byte, ruas (field), cantuman (record), dan berkas (file), yang merupakan unsur-unsur suatu database. Data dapat dikelompokkan menurut hirarki kategori, masing-masing terus meningkat ke yang lebih kompleks. Hirarki penyimpanan data terdiri dari tingkatan data disimpan: bit, byte (karakter), field, record, file, dan database. 


1.         DatabaseAdalah kumpulan informasi yang disusun berdasarkan cara tertentu dan merupakan suatu kesatuan yang utuh. Dengan sistem tersebut data yang terhimpun dalam suatu database dapat menghasilkan informasi yang berguna

Sifat-sifat database :
ü     Internal        :  Kesatuan (integritas) dari file-file yang terlibat.
ü     Terbagi/share :  Elemen-elemen database dapat dibagikan pada para user baik secara sendiri-sendiri maupun secara serentak dan pada waktu yang sama (Concurrent sharing).
a.   Database Terpusat
(Centralized database) memiliki semua file yang saling berhubungan dalam suatu lokasi penyimpanan . file-file database di tempatkan di komputer mainframe (komputer Pusat). Dengan ini tidak hanya memperkecil biaya dalam hubungan dengan beberapa komputer tapi juga memberikan database admin (DBA) dengan kemampuan untuk bekerja pada database dalam satu lokasi saja. Semua file tidak bisa di akses kecuali komputer pusat , dimana file tersebut lebih mudah di proteksi dari akses atau modifikasai yang tidak berhak , juga penyelamatan dari bencana (disatrs recovery) akan lebih mudah dilakukan karena data hanya berada pada satu lokasi pusat penyimpanan.
Bagaimanapun juga data terpusat mempunyai satu titik kelemahan , yakni ketika komputer pusat tidak berfungsi maka yang lain tidak dapat beroperasi . dan kedangkala kecepatan akses bermasalah , jika user tersebar di berbagai tempat yang jauh dan harus mengerjakan manipulasi senua data , maka akan terjadi kelambatan atau menjadi sangat lambat.
b.   Database terdistribusi
Pengandalan atau sebagian database ke lebih dari satu tempat atau lokasi yang biasanya leboh dekat dengan user . ada 2 data terdistribusi yaitu :

ü  Penggandaan (Copy) semua database ke beberapa lokasi , dengan tujuan utama untuk mengatasi permasalahan terjadinya kegagalan pada database pusat ,selain itu juga meningkatkan respon terhadap akses oleh user.

ü  Partitioned database penggandaan (copy) sebagian database ke suatu tempat atau lokasi lain, biasanya bagian yang di gandakan adalah bagian database yang sangat di butuhkan oleh user pada lokasi tersebut. Pengaksesan akan lebih cepat karena database berada dekat dengan user.


2.   File
File merupakan kumpulan dari record-record . Dengan demikian, hirarchi penyajian data dengan urutan dari kecil kebesar adalah sebagai berikut :
Byte/Character -> Field --> Record --> File
3.   Record
Merupakan kumpulan dari field-field yang membentuk sebuah arti. Misalkan kumpulan field NIRM, NAMA MATERI PENDIDIKAN pada akhirnya membentuk sebuah record.

4.   Field

Merupakan kumpulan dari karakter-karakter yang membentuk suatu arti tertentu; Misalnya, Field untuk Nomor Mahasiswa, Field untuk Nama Mahasiswa, Field untuk Mata Pelajaran dan lainnya.

          5. Byte
adalah bagian terkecil yang dialamatkan dalam memori.byte mrupakan sekumpulan bit yang secara 
konvensional terdiri atas kombinasi delapan bityang menyatakan sebuah karakter dalam memori (I 
byte= I karakter).

            6.  Bit 
adalah sistem binner yang terdiri atas dua macam nilai, yaitu 0 dan 1. sistem binnermerupakan dasar 
yang dapat digunakan untuk komunikasi antara manusia dan mesin, yangmerupakan serangkaian 
komponen elektronik dan hanya dapat membedakan 2 macamkeadaan, yaitu ada tegangan dan tidak 

ada tegangan yang masuk ke rangkaian tersebut.

3 komentar: